Wisata Kota Malang

Peta Kabupaten Malang

Arsip Blog


Jual Beli Laptop Notebook Malang

Pilkada Malang 2010, diramaikan 10 pasang Kandidat

Minggu, 13 Desember 2009

Pilkada Malang 2010, diramaikan 10 pasang Kandidat - KPU Kabupaten Malang menyatakan Pilkada Malang 2010 mendatang berpotensi diramaikan 10 pasangan calon Bupati (Cabup) dan calon Wakil Bupati (Cawabup). Masing-masing 5 pasangan calon dari unsur partai politik dan independen atau perseorangan.

Anggota KPU bidang hubungan masyarakat dan organisasi, Totok Hariono kepada Media Indonesia, Minggu (13/12), mengatakan pelaksanaan Pilkada 2010 diperkirakan lebih seru ketimbang Pilkada sebelumnya.

Sebab, lanjutnya, Pilkada mendatang bakal diramaikan Cabup dan Cawabup dari parpol dan independen yang diperkirakan memiliki kekuatan merata. "Kami memprediksi ada 10 pasangan Cabup dan Cawabup. Hal itu berdasarkan perhitungan perolehan suara parpol dalam Pemilu Legislatif dan jumlah penduduk," tegasnya.

Ia menjelaskan parpol yang bisa mencalonkan diri setidaknya harus memiliki 8 kursi di DPRD. Sedangkan calon independen harus mendapatkan dukungan 3% dari jumlah penduduk yang dibuktikan dengan foto copy Kartu Tanda penduduk (KTP).

Sedangkan patokan jumlah pemilih yang masuk daftar pemilih tetap (DPT) Pilpres untuk mengukur dukungan bagi calon independen sebanyak 1.928.562 orang.

Sejauh ini pihaknya sudah mengutak-atik perolehan suara dan kursi di DPRD. Parpol yang bisa mencalonkan diri antara lain Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) memiliki 13 kursi di DPRD, Partai Demokrat 8 kursi, Partai Golkar 8 kursi, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) 8 kursi. Sedangkan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) 4 kursi, Partai Hanura 4 kursi, Gerindra 3 kursi, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Kebangkitan Nasional Ulama (PKNU) masing-masing satu kursi.

"Parpol yang tidak memiliki 8 kursi itu bisa bergabung untuk mengusung Cabup dan Cawabup," ujarnya.

Sehingga Cabup dan Cawabup dari parpol ada 5 pasangan. Sedangkan calon independen juga ada 5 pasangan. Sejauh ini KPU belum menjalankan tahapan Pilkada. Sebab usulan anggaran Rp22,5 miliar untuk keperluan itu belum disetujui Pemerintah Kabupaten Malang.

Menurut jadwal KPU, pendaftaran Cabup dan Cawabup baru akan dibuka Maret 2010. Sementara pencentangan 5 Agustus 2010.

Sejumlah Cabup dan Cawabup dari Partai Golkar, PDIP, dan Partai Demokrat, sudah sosialisasi dengan memasang poster di sejumlah jalan protokol. Namun yang sudah jelas mendapat persetujuan DPP adalah calon dari Partai Golkar Rendra Kresna. Wakil Bupati Malang itu menjabat Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar.

Untuk Cabup PDIP masih menunggu rekomendasi Ketua Umum Megawati Soekarnoputri. Sedangkan calon dari Partai Demokrat juga belum pasti. Ada dua orang yang berambisi yakni mantan Kepala Dinas Kesehatan Pemkab. Malang Agus Wahyu Arifin dan mantan Sekda Pemkab. Malang Betjik Soedjarwoko. Keduanya saling klaim mendapat restu dari DPP partai pemenang Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden tersebut.(BN/OL-02) (mediaindonesia 13/12)

Tulisan Terkait Lainnya



1 komentar:

Berita Lampung mengatakan...

mantab semogo calon bupati malang dapat membawa perubahan di amalang

Posting Komentar