Wisata Kota Malang

Peta Kabupaten Malang

Arsip Blog


Jual Beli Laptop Notebook Malang

Pemkab Malang Boyongan Ke Linux, Goodbye Windows

Minggu, 27 Desember 2009

Pemkab Malang Boyongan Ke Linux, Goodbye Windows - Pemkab Malang akan segera meninggalkan piranti lunak (software) bajakan yang selama ini digunakan dalam perangkat komputer kerja PNS. Mulai bulan depan, secara bertahap migrasi ini akan dialihkan dengan menggunakan blank on versi 4.

“Targetnya dalam setahun ke depan semua OP di Windows sudah beralih ke blank on versi 4,” jelas Henry Tanjung, Kabag Pengelolaan Data Elektronik (PDE) Pemkab Malang, Sabtu (26/12).

Selama proses migrasi itu, pemkab akan membangun sistem operasional (distro) Kanjuruhan bekerja sama dengan komunitas pengguna Linux Indonesia. Menurut Henry, dari survei terakhir yang dilakukan oleh pihaknya pada November 2009, sebanyak 400 unit komputer di Pemkab Malang menggunakan piranti Windows ilegal alias bajakan.

“Pergantian ini juga agar bisa menggunakan secara legal namun gratis,” ungkap pejabat muda ini.
Sementara bagi SKPD yang aplikasinya tidak cocok menggunakan blank on seperti penggunaan operasi grafis di Bapekkab atau Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang, pihaknya masih memberikan perkecualian dengan memanfat piranti lunak perantara yang diletakkan di server. “Atau kalau ada dananya, ya bakal dibelikan program Windows yang legal,” ungkapnya.vie (surya/im)

Tulisan Terkait Lainnya



0 komentar:

Posting Komentar